Tuesday, January 3, 2012

Alat Sederhana yang Bisa Ukur Sperma Sendiri di Rumah

Jakarta, Sperma yang banyak dan lincah merupakan syarat terjadinya pembuahan sel telur agar dapat hamil. Sayangnya, belum ada alat sederhana yang dapat mengukurnya. Kini ada 'chip kesuburan' yang bisa mendeteksi jumlah dan kelincahan sperma di rumah.
Loes Segerink, seorang peneliti di University of Twente telah mengembangkan 'chip kesuburan' yang dapat mengukur jumlah sperma dan pergerakannya dengan akurat. Chip ini dapat dimasukkan ke dalam sebuah perangkat untuk satu kali penggunaan.







Seperti dilansir ScienceDaily.com, Selasa (3/1/2012), perangkat tes ini akan memungkinkan para pria menguji sendiri spermanya di rumah sehingga memperbesar kesempatan untuk mendapatkan diagnosis yang benar dengan metode yang sederhana dan murah.
 Standar kesuburan menyatakan bahwa tiap mililiter ejakulasi harus mengandung setidaknya 20 juta sperma. Aspek kesuburan kedua yang penting pergerakan sperma. Maka, chip buatan Segerink ini mengukur kedua-duanya.

Alat tes sperma sederhana memang sudah tersedia secara komersial untuk mengetahui apakah konsentrasi sperma di atas atau di bawah nilai standar. Sayangnya, tes ini terlalu terbatas karena tidak memberikan pembacaan yang akurat mengenai konsentrasinya.

Pada chip buatan Segerink, sperma mengalir melalui saluran yang berisi cairan di bawah elektroda. Ketika sel sperma mengalir pada salah satu elektroda, ada kenaikan singkat dalam hambatan listrik. Kenaikan-kenaikan ini dihitung untuk mengukur banyaknya sel sperma yang terkandung.

Untuk menguji keandalan pengukuran konsentrasinya, Segerink menambahkan mikrosfer (bola kecil) dalam cairan. Alatnya ini ternyata mampu membedakan sperma dengan mikrosfer. Selain itu, sistem ini dianggap dapat diandalkan untuk membedakan sel-sel darah putih dari sel tubuh lainnya. Jumlah sel darah putih menyediakan informasi tambahan penting untuk ginekolog selain jumlah sel sperma.

Akhirnya, gerakan sperma adalah ukuran yang penting dari kualitas sperma. Sedikit penyesuaian dalam chip dapat memilah sperma yang lincah dari sperma yang tidak lincah. Setelah itu, keduanya dapat dihitung secara terpisah. Dengan mengukur pergerakan sperma dengan cara ini, chip ini menawarkan tes yang benar-benar lengkap.

Sumber

0 comments:

Post a Comment

Mohon tinggalkan komentar, karena setitik komentar anda akan sangat berharga dan tak ternilai demi kemajuan blog ini.
Dan maaf, kalau admin tidak bisa langsung membalas komentar anda sekalian, karena jarang online lewat komputer.

Terima kasih :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...