Wednesday, February 15, 2012

Puasa Bisa Percepat Penyembuhan Kanker

Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Southern California, AS, mendapatkan fakta bahwa puasa, alias tidak mengkonsumsi makanan sama sekali dalam waktu tertentu, bisa percepat penyembuhan kanker dan meningkatkan efektifitas pengobatan dari penyakit tersebut.

Dengan puasa, pertumbuhan sel tumor jadi melemah, dan penyebarannya berkurang, jika dibarengi dengan melakukan kemoterapi.
Penelitian yang dipublikasi dalam jurnal Science Translational Medicine itu menyebutkan bahwa sel tumor tersebut merespon stres yang terjadi saat puasa dengan berkembang, tapi saling memakan dirinya sendiri. Untuk menutupi kebutuhan mereka akan energi.
Tidak seperti apa yang terjadi pada sel kanker yang tidak diberi perlakuan puasa. Mereka terus berkembang dan menyebar dengan pesat.
Profesor Valter Longo, pemimpin penelitian tersebut berkata, “Sel tumor tersebut, faktanya, melakukan bunuh diri, karena berusaha untuk mengkompensasi kekurangan makanan yang tidak terdapat dalam darah karena puasa,” Demikian dirilis Dailymail 08/02/12.
Penelitian tersebut diuji cobakan pada tikus yang telah dipapar kanker payudara, saluran kemih, dan juga kanker ovarium.
Luar biasa, ternyata manfaat puasa sangat berguna bagi kesehatan, selain juga mendapat pahala jika diniatkan untuk ibadah.


Sumber

0 comments:

Post a Comment

Mohon tinggalkan komentar, karena setitik komentar anda akan sangat berharga dan tak ternilai demi kemajuan blog ini.
Dan maaf, kalau admin tidak bisa langsung membalas komentar anda sekalian, karena jarang online lewat komputer.

Terima kasih :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...