Wednesday, February 8, 2012

Kurang Air Bikin Pikiran Error

Anjuran mengonsumsi air minum 8 gelas sehari masih sering luput dari perhatian. Padahal, aktivitas sederhana ini sangat besar manfaatnya bagi kesehatan. Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Nutrition, Pebruari ini, dehidrasi yang berat memengaruhi pikiran dengan membuat rasa bingung ekstrim dan cenderung suka mengigau.



Studi itu melibatkan 25 wanita yang diamati kondisinya saat tubuh membutuhkan air. Selama tiga hari, mereka melakukan tiga kali latihan menggunakan treadmill selama 40 menit untuk tiap sesi. Tes kognitif dilakukan peneliti saat relawan melakukan dan selesai latihan.

Hasilnya, seperti dikutip RodaleNews, dehidrasi membuat para wanita mengalami fisik yang lemah, kekuatan menurun, dan kurangf mampu konsentrasi secara penuh. Selain itu, mereka merasakan ada ketidaknyamanan dalam menyikapi suasana hati. Pekerjaan yang berhubungan dengan pikiran seperti sulit dilakukan. Juga, sebagian mereka merasa pusing saat latihan atau ketika sudah selesai.

Dalam penelitian ini juga ditemukan, masih banyak orang yang sulit membedakan kapan perlu tambahan cairan tubuh. Sehingga, mereka tidak segera meminum air padahal sebenarnya saat itu sudah membutuhkannya.

Takaran pasti air yang harus dikonsumsi memang belum mencapai kata final. Namun, minum air 8-9 gelas per hari dapat menjaga kebutuhan tubuh Anda terhadap cairan. Dan, bugarlah tubuh Anda sepanjang hari.

Sumber

0 comments:

Post a Comment

Mohon tinggalkan komentar, karena setitik komentar anda akan sangat berharga dan tak ternilai demi kemajuan blog ini.
Dan maaf, kalau admin tidak bisa langsung membalas komentar anda sekalian, karena jarang online lewat komputer.

Terima kasih :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...