Tuesday, April 24, 2012

5 Manfaat Berpelukan

5 Manfaat Berpelukan - 5 Manfaat Pelukan Seorang Kekasih - Lain kali jika pasangan Anda menolak berdekatan dengan alasan kepanasan, butuh ruang dan tidak sedang santai, sampaikan bahwa sikap dia salah. Sebuah pelukan, seperti ditulis Shape.com, 2 Desember 2011, ternyata banyak memberi manfaat ketimbang tatapan mata.
Tak hanya itu, duduk rapat berdampingan ternyata memberikan dampak kesehatan yang kita semua perlu tahu. Inilah lima manfaat pentingnya sebuah pelukan bagi pasangan kita.

Alasan 1: Rasanya Menyenangkan

Berdekatan, berpelukan melepaskan hormon oksitosin, yang dikenal juga dengan hormon yang melepas perasaan senang. "Berpelukan melepaskan senyawa kimia seperti oksitosin. Di otak yang menciptakan perasaan bahagia dan sehat," ujar Dr. Renee Horowitz, dokter pada Center for Sexual Wellness in Farmington Hills, Michigan.

Berpelukan juga melepaskan hormon endorphins, yaitu senyawa kimia yang dilepaskan setelah berolahraga atau makan cokelat, yang berkontribusi terhadap perasaan puas.

Alasan 2: Membuat Anda Merasa Seksi

Keuntungan paling nyata dari berpelukan adalah semakin dekat dengan pasangan Anda secara fisik. Berpelukan bisa menimbulkan kesenangan atau santai dan waktu yang nyaman usai bercinta, tapi juga ada keuntungan secara kimiawi. Ada pelepasan dopamin, yang merupakan hormon yang melepaskan peningkatan keinginan untuk bercinta.

Alasan 3: Mengurangi Stres dan Tekanan Darah

Pelatih manajemen stres dan terapis Holistic Catherine A. Connors mengingatkan bagaimana kontak secara fisik dengan orang lain dapat membantu mengurangi stres. Berpelukan, berciuman, atau kegiatan fisik yang bersentuhan lainnya meningkatkan level oksitosin, yang disebut hormon "ikatan". Reaksi kimiawi ini bisa membantu mengurangi tekanan darah, yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan juga mengurangi stres dan rasa cemas.

Alasan 4: Mengikat Ibu dengan Bayinya, juga Pasangannya

Berpelukan sehat untuk manusia karena faktor nyata berupa keterikatan emosi. Penelitian terbaru menunjukkan hormon oksitosin adalah neruropeptida yang sangat erat berhubungan dengan kelahiran bayi dan menyusui. Hormon ini mempunyai peranan secara biologis dalam hal ikatan antara ibu dan bayinya.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa wanita yang tumbuh dengan perasaan keterikatan yang tidak nyaman lebih sukar membentuk ikatan yang aman dengan anak dan pasangannya. Jadi sangat menyehatkan jika kita ingin berdekatan.

Alasan 5: Membantu Komunikasi Lebih Baik

Salah satu manfaat terbaik dari berpelukan dan sentuhan nonerotis lainnya membantu masalah komunikasi. Menurut David Klow, seorang therapist masalah rumah tangga dan keluarga di Chicago, memeluk merupakan cara mengatakan, 'Aku tahu yang kamu rasakan'. "Pelukan membiarkan perasaan kita diketahui oleh pasangan di mana kata-kata kadang tidak mampu menjelaskan," ujar Klow. Klow juga menyarankan untuk berpikir bahwa pelukan adalah bentuk komunikasi yang bisa membantu pasangan memiliki hubungan yang lebih kaya.


sumber

0 comments:

Post a Comment

Mohon tinggalkan komentar, karena setitik komentar anda akan sangat berharga dan tak ternilai demi kemajuan blog ini.
Dan maaf, kalau admin tidak bisa langsung membalas komentar anda sekalian, karena jarang online lewat komputer.

Terima kasih :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...