Friday, November 25, 2011

Hari Guru Sedunia


Saat kita terfokus pada  HUT TNI, 5 Oktober, ternyata hari itu diperingati pula sebagai Hari Guru Sedunia. Atas pertimbangan PB-PGRI,  karena bertepatan dengan HUT TNI, maka Hari Guru Sedunia  diperingati disatukan dengan Hari Guru Nasional/HUT PGRI  jatuh  setiap tanggal  25 November.   Bagi insan guru, makna hari guru dapat menyadarkan ingatan kita tentang fungsi dan tugas guru cukup strategis dalam menyiapkan SDM unggul.  Sekaligus  memberi dukungan kepada para guru di seluruh dunia dan meyakinkan  bahwa keberlangsungan generasi di masa depan ditentukan oleh guru.
Hari Guru Sedunia sendiri sebenarnya berkaitan dengan suatu peristiwa bersejarah pada tanggal 21 September-5 Oktober 1966. Yaitu diselenggarakannya konferensi antar pemerintah di Paris yang dihadiri oleh wakil dari 76 negara anggota UNESCO termasuk Indonesia dan 35 organisasi internasional.

Konferensi tersebut menghasilkan rekomendasi tentang status guru yang dikenal dengan ILO/UNESCO, Recommendations Concerning the Status of Teachers. Isi rekomendasi tersebut diantaranya menekankan pada profesionalisme dan kesejahteraan guru khususnya dinegara-negara berkembang.
Profesionalisme guru menjadikan profesi guru tidak asal-asalan, tapi memiliki bekal pengetahuan dan sejumlah kompetensi memadai, diantaranya pedagogis.

Guru  harus mencintai profesinya secara total dan tulus.  Jangan sampai  memilih profesi guru adalah merupakan pilihan kedua di tengah sulitnya mencari pekerjaan.
Menurut UNESCO, Hari Guru Sedunia mewakili sebuah kepedulian, pemahaman, dan apresiasi yang ditampilkan demi peran vital guru, yaitu mengajar pengetahuan dan membangun generasi. Dengan semangat Hari Guru Sedunia harapan guru Indonesia  profesional, sejahtera dan terlindungi lekas terwujud.
Semoga guru - guru di Tanah Air kita tidak berjuang hanya demi materi, tetapi berjuang dengan mencintai dan mengabdikan dirinya pada dunia pendidikan secara tulus ikhlas. Guru, jasamu akan selalu dikenang oleh para murid - muridmu. Dan jangan lupa menyanyikan Hymne Guru terlebih dahulu untuk memberikan penghormatan kepada guru - guru kita :)
Selamat Hari Guru Sedunia !

Sumber : http://edukasi.kompasiana.com/2010/10/05/hari-guru-sedunia/

0 comments:

Post a Comment

Mohon tinggalkan komentar, karena setitik komentar anda akan sangat berharga dan tak ternilai demi kemajuan blog ini.
Dan maaf, kalau admin tidak bisa langsung membalas komentar anda sekalian, karena jarang online lewat komputer.

Terima kasih :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...