Monday, October 18, 2010

Batu Karang Tunjukkan Bukti Pemanasan Samudra Pasifik




TORONTO - Sebuah batu karang dapat membuktikan jika lautan semakin memanas sebagaimana diprediksi oleh para ahli iklim.

Pada penelitian ke empat dalam jurnal Geophysical Research Letters, para peneliti melaporkan bahwa batuan karang di pulau Pasifik menunjukkan "thermocline", titik dimana air dasar laut yang dingin bertemu dengan air permukaan yang hangat, menjadi lebih sedikit, sebuah indikasi dari sebuah penurunan sirkulasi air laut. Demikian seperti yang dikutip dari USA Today, Kamis (14/10/2010).

"Contoh model Iklim ini menunjukkan bagaimana lautan Pasifik merespon pemanasan global yang telah diprediksi bahwa siklus air laut Pasifik menjadi semakin melemah, dan apabila itu terjadi,
anda akan mengharapkan thermocline menjadi semakin melemah di samudra Pasifik barat," ujar Branwen Williams dari University of Toronto, dalam sebuah pernyataannya.

"Data kami adalah beberapa dari bukti-bukti awal untuk mendukung apa yang teori pemanasan laut Pasifik yang sebelumnya sudah diprediksi, kata Williams.

Dalam sebuah studi, para peneliti melihat batuan karang dalam kedalaman 16, 280 dan 345 kaki, melihat bagaimana mereka tumbuh dalam pola menyerupai 'tiga cincin'. Air dingin menghadirkan lebih banyak nutrisi untuk batu karang agar bisa terus tumbuh. Selain itu air dingin juga berfungsi sebagai indikator kekuatan sirkulasi air di lautan Pasifik.

"Lebih dari beberapa dekade, khususnya sejak era pertengahan dan akhir 70-an, catatan batu karang menunjukkan bahwa thermocline telah menjadi semakin melemah," tutup Williams.
Sumber : http://techno.okezone.com/read/2010/10/14/56/382478/batu-karang-tunjukkan-bukti-pemanasan-samudra-pasifik

0 comments:

Post a Comment

Mohon tinggalkan komentar, karena setitik komentar anda akan sangat berharga dan tak ternilai demi kemajuan blog ini.
Dan maaf, kalau admin tidak bisa langsung membalas komentar anda sekalian, karena jarang online lewat komputer.

Terima kasih :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...